Hal – Hal Yang Dapat Membuat Si Kecil Cedera Saat Bermain Di Playground

bannner

Hal – Hal Yang Dapat Membuat Si Kecil Cedera Saat Bermain DiPlayground

Wahana playground atau taman bermain menjadi salah satu destinasi pilihan saat berakhir pekan bagi orang tua yang memiliki anak kecil. Dewasa ini kemunculan playground dikalangan masyarakat sudah sangat menyebar tidak hanya di lingkungan terbuka ( outdoor), si kecilpun juga dapat menikmati taman bermain indoor yang biasanya terdapat di pusat perbelanjaan besar atau mall. Didalam erea taman bermain terdapat pilihan permainan yang dapat di nikmati mulai dari perosotan, mandi bola, panjatan tali dan masih banyak lagi.  Karena si kecil sangat menikmati bermain terkadang anak-anakpun dapat menghabiskan waktu berjam-jam di dalam tempat permainan tersebut. Hingga akhirnya anak pun sering kali tidak memperhatikan keselamatannya sendiri ketika menikmati permainan tertentu. Demi menjaga keamanan anak selain pemilihan sebuah playground yang menarik, playground yang sudah memiliki kualitas dan bahan dasar yang baik pun sangat penting untuk di perhatikan. Karena sebagai orang tua kita ingin yang terbaik buat si kecil bukan? Untuk itu, ketika anak terlalu asyik saat bermain di wahana playground, sebagai orang tua sudah seharusnya untuk dapat mengawasi anak saat asik bermain. Lalu apa sajakah hal-hal yang dapat membuat sikecil cidera saat bermain di playground ?

Cedera saat bermain di taman bermain anak

Taman bermain seharusnya menjadi tempat yang seharusnya anak dapat berlali, memanjat, melompat, meluncur dan lainnya. Karena hal tersebut tentunya dapat membuat anak bergerak aktif, berteman dan tertawa Bahagia dengan teman lainnya. Namun jangan sampai kita sebagai orang tua tidak memperhatikan anak yang dapat membahayakan diri mereka bahkan dapat merusak kebahagiaan tersebut. Kita tidak dapat menyalahkan sepenuhnya si kecil ketika mengalami cedera. Biasanya cedera yang sering terjadi saat anak bermain di playground adalah ketika anak terjatuh dari wahana permainan ke lantai atau tanah. Item permainan yang tidak dirawat dengan baik dan playground yang tidak memiliki standar keselamatan yang baik. Namun ada beberapa hal yang sering tidak di perhatikan oleh orang ketika si kecil bermain di area palayground, yang dapat membuat di kecil cedera. Yaitu :  
  1. Tidak memperhatikan pakaian anak
Beberapa orang tua terkadang tidak memperhatikan pakaian anak saat bermain di playground, seperti pemakaian sepatu tali, atau kalung. Hal tersebut dapat memungkinkan si kecil terjebak pada item permainan hingga secara tidak sengaja dapat mencekik anak.  
  1. Anak tidak diminta menggunakan tabir surya
Ketika anak bermain di outdoor playground orang tua tidak mengaplikasikan tabir surya sehingga kulit anak dapat dengan mudah tersengat sinar matahari.  
  1. Tidak memperhatikan permukaan alat permainan
Permukaan tempat anak bermain tidak keras dan kasar sehingga jika anak terjatuh, maka ia akan mendarat di atasnya dengan aman.  
  1. Pilihkan alat permainan yang tepat
Bantu anak memilih alat permainan yang sesuai dengan usianya. Seringkali anak hanya memainkan apa yang diinginkannya, padahal untuk anak seusianya mainan tersebut bisa saja tidak aman. Oleh sebab itu, Anda harus membantunya menemukan wahana permainan yang tepat.  
  1. Alat permainan yang tidak aman
Komponen yang tidak memenuhi standard. Seperti pegangan yang tidak kuat, bahkan pembatas yang tidak kokoh.  
  1. Anak melakukan Gerakan yang berbahaya
Terkadang anak melakukan Gerakan yang berbahaya ketika bermain di playground seperti menggelindingkan tubuh ketika bermain di ayunan, seluncuran, atau jungkat-jungkit. Jika dilakukan, hal ini dapat membuat anak terluka dan membahayakan keselamatannya.  
  1. Permukaan yang licin
Permukaan licin pada alat permainan yang basah bisa menyebabkan anak terjatuh dan mengalami cedera sehingga orangtua harus menghindarkannya dari anak.  

Let’s order, get our best products for your family or your business

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *